PENGEMBANGAN WILAYAH DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Laboratorium Regional Development and Public Policy (RDPP)

Studio Perencanaan Wilayah (SPW)

10 - 01 - 2015 admin

Studio Perencanaan Wilayah merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa Departemen Perencanaan Wilayah Kota pada semester 6 (enam). Studio ini merupakan studio terakhir dalam rangkaian Mata Kuliah Studio di Departement PWK UB.

Studio Perencanaan Wilayah dilaksanakan dengan beberapa tahapan dan proses pembelajaran, yaitu:

  1. Kuliah dan diskusi. Tahapan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses perencanaan wilayah, pemahaman perencanaan wilayah sektoral, kerawanana bencana, teknik survei, dan metode analisa data.
  2. Diskusi kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing kelompok mahasiswa. Pada SPW tahun 2021-2022 ini terdapat 18 kelompok yang beranggotakan 8-9 mahasiswa. Diskusi kelompok dilaksanakan untuk proses penyusunan laporan, diskusi analisa data, dan diskusi penyusunan rencana.
  3. Survei dilaksanakan untuk memperoleh data sekunder dengan mengumpulkan dokumen-dokumen perencanaan dan kebijakan dari pemerintah daerah dan instansi terkait. Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan obervasi lapangan dengan memanfaatkan teknologi drone. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pergerakan mahasiswa ke lokasi studi.
  4. Wawancara dan FGD. Kegiatan ini dilaksanakan mahasiswa dengan mengundang para narasumber, baik praktisi universitas maupun instansi pemerintah daerah. FGD direncakana dilaksanakan secara online untuk mengumpulkan data, potensi dan permasalahan terbaru terkait sektor, dan rencana pemerintah dalam pengembangan sektor.
  5. Proses ini merupakan diskusi antara mahasiswa dan dosen pembimbing setiap kelompok, yang akan dilaksanakan setiap minggu untuk memantau proses dan progress penyusunan laporan mahasiswa.
  6. Kegiatan ini dilaksanakan 3 kali, yaitu presentasi laporan pendahuluan, laporan fakta analisa, dan laporan rencana. Kegiatan ini dilaksanakan dengan seluruh mahasiswa SPW dan dosen pembimbing.

Pada mata kuliah Studio Perencanaan Wilayah ini terbagi menjadi 4 (empat) sektor yaitu:

  1. Sektor Agropolitan
  2. Sektor Minapolitan
  3. Sektor Pariwisata
  4. Sektor Industri

Peserta perkuliahan terbagi menjadi beberapa kelompok dengan tujuan untuk mengidentifikasi potensi wilayah kabupaten sesuai sector dan Menyusun rencana tindak (action plan) tiap sector serta mendorong pengembangan wilayah berkelanjutan dan mengakomodir potensi lokal.